Warning: Creating default object from empty value in /home/user/web/elibrary/lib/lang/php-gettext/gettext.inc on line 148

Notice: Only variables should be passed by reference in /home/user/web/elibrary/lib/lang/php-gettext/gettext.php on line 66
Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Perencanaan Kebutuhan SDM Kesehatan Propinsi Jawa Timur Dengan Metode WISN (Workload Indicator Staff Nedd)
 
 
 
Select Language
Simple Search
Advanced Search
Title : Author(s) :
  • SEARCHING...
Subject(s) :
  • SEARCHING...
ISBN/ISSN : GMD : Collection Type : Location :
License

This Software is Released Under GNU GPL License Version 3.

Awards

The Winner in the Category of OSS

Title Perancangan dan Pembuatan Sistem Informasi Perencanaan Kebutuhan SDM Kesehatan Propinsi Jawa Timur Dengan Metode WISN (Workload Indicator Staff Nedd)
Edition
Call Number 030/2006
ISBN/ISSN
Author(s) Anggraeni, Tri  
Ir. Khakim Ghozali (Pembimbing 1)
Ir. Aris Tjahyanto, M.Kom (Pembimbing 2)
Subject(s)
Classification 030/2006
Series Title
GMD Tugas Akhir
Language Indonesia
Publisher Jurusan Sistem Informasi - ITS
Publishing Year 2006
Publishing Place Surabaya
Collation
Abstract/Notes Perencanaan kebutuhan SDM merupakan salah satu unsur penting dalam pengelolaan sumber daya manusia, termasuk SDM kesehatan. Dengan perencanaan kebutuhan SDM yang tepat dan terpenuhinya kebutuhan tersebut, semua pelayanan kesehatan yang diperlukan masyarakat akan terpenuhi sehingga mendorong terciptanya kesejahteraan masyarakat. Menteri Kesehatan Republik Indonesia telah menetapkan sebuah metode standar untuk merencanakan kebutuhan SDM di sarana-sarana kesehatan, salah satunya dengan Metode WISN (Workload Indicator Staff Need). Metode ini merencanakan kebutuhan SDM kesehatan berdasarkan beban kerja kategori SDM. Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur sebagai fungsi tertinggi pengkoordinasian bidang kesehatan, telah melakukan sosialisasi pada sarana-sarana kesehatan di Jawa Timur untuk melakukan perencanaan kebutuhan SDM kesehatan dengan metode ini. Akan tetapi baru beberapa sarana kesehatan yang telah melaksanakan perencanaan ini dan menyampaikan laporannya kepada Dinas Kesehatan Propinsi. Hal ini dikarenakan banyaknya pendataan yang harus dilakukan dan pengiriman data yang tidak efisien. Perencanaan kebutuhan SDM ini masih dilakukan dengan cara manual dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel dan pengiriman laporan dilakukan secara langsung ke Dinas Kesehatan Propinsi atau dengan bantuan file attachment pada internet. Tugas akhir ini bertujuan untuk merancang dan membuat sistem informasi berbasis web yang membantu perencanaan kebutuhan SDM tersebut dengan memberikan kemudahan pada pendataan dan perencanaannya, serta kemudahan diaksesnya laporan-laporan hasil perencanaan.
Specific Detail Info 5202 100 018 (NRP)
Image
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...
  Back To Previous